Cara Mencegah User Mendisable Javascript pada Browser Saat Akses Website

javascript Nov 17, 2019

Saat ini bahasa javascript sudah berevolusi sangat jauh, dahulu javascript hanya dikenal sebagai sebuah bahasa client side scripting untuk membuat website menjadi responsive (Ajax) dan validasi-validasi inputan tanpa refresh, saat ini sudah sangat banyak bermunculan library-library yang berbasis javascript, baik untuk client side scripting, untuk web server, untuk aplikasi android hybrid dan masih banyak lagi.

Tren Javascript

Tren javascript saat ini sangat positif, banyak developer dunia mulai belajar javascript untuk berbagai kebutuhan. nah untuk aplikasi website sendiri, javascript sangat membantu untuk urusan validasi maupun membuat interaksi web lebih responsive, namun karena browser dalam kendali penuh user, maka bisa saja javascript didisable pada browser yang digunakan, alhasil validasi yang kita buat dengan javascript menjadi tidak jalan. atau biasanya event-event javascript seperti pop-up ketika click suatu link, count-down proses download, dan masih banyak lagi.

Untuk mencegah user mendisable javascript pada browsernya, kita harus memberitahu user bahwa javascript pada browsernya dalam status disable, tak jarang semua tampilan web disembunyikan agar tidak bisa diakses user, sehingga user yang ingin mengakses mau tidak mau harus enable javascript pada browsernya.

Validasi Javascript Enable

berikut cara mudah menampilkan pesan dan block akses website tanpa javascript :

<html>
<head>
<title>Contoh Website</title>
<meta name=".." content="..">
<meta name=".." content="..">
<link rel="stylesheet" href="..">

<!-- TAMBAHKAN SCRIPT INI DIANTARA TAG HEAD //-->
<!-- AWAL VALIDASI //-->
<noscript>
Maaf, javascript Harus Enable :D
<style>
div {
display: none;
}
</style>
</noscript>
<!-- AKHIR VALIDASI //-->
</head>
<body>
<h1>Javascript Anda Enable</h1>
<!-- syntax lainnya //-->
</body>
</html>
HTML validasi Javascript Enable

Uji Coba

untuk testing apakah sudah working atau tidak, kita harus disable terlebih dahulu javascript pada browser kita, untuk pengguna chrome, klik tombol titik - 3 pada pojok kanan atas, lalu pilih More Tools -> Developer Tools (Ctrl + Shift + i)

Developer tools chrome

Kemudian, pada pojok kanan atas ada tombol titik - 3 lagi, lalu pilih Setting (F1), seperti berikut ini :

Setting Tab

Scroll kebawah, pada bagian debugger, ada checkbox untuk disable javascript, jika dichecklist, maka javascript terdisable

Disable Javascript Chrome

Jika nekad diakses dengan javascript terdisable, akan menampilkan pesan berikut :

Validasi Javascript Harus Enable Sukses

Nah dengan begini, kita sudah mencegah satu langkah kemungkinan validasi tidak jalan, namun ingat, jangan hanya bergantung pada validasi inputan disisi client, kita juga tetap harus waspada pada sisi server (jangan pernah percaya inputan dari user :D)

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming