Cara Menghubungkan Laporan Google Analytics dengan Google Adsense

google Nov 18, 2019

Siapa blogger yang tidak kenal dengan Google Adsense, salah satu faktor yang membuat semangat para blogger untuk membuat konten berkualitas adalah karena menginginkan menjadi mitra google sebagai Publisher penayang iklan di blog/website mereka. ada banyak penyelenggara kerjasama periklanan melalui media online, namun google salah satu yang pembayarannya paling besar, serta terdapat banyak produk yang diiklankan, sehingga hampir semua niche selalu ada iklan yang dapat ditampilkan oleh google.

Dengan semakin populernya Google Adsense, ada banyak tools bermunculan untuk membantu para blogger membuat konten yang memaksimal penghasilan mereka, mulai dari keyword planner tools, membuat konten berkualitas sesuai dengan SEO (Search Engine Optimizer) memanfaatkan SEO Tools, meningkatkan visitor dengan jasa build backlink, analisa pengunjung dengan Google Analytics dan banyak lagi tools lain,  baik yang free ataupun berbayar (premium).

Menghubungkan Google Analytics dengan Google Adsense

Google Analytics sangat membantu para publisher untuk melihat statistik pengunjung dan kebiasaan pengunjung dalam browsing pada situs blog/websitenya. dengan bantuan Google Analytics pemilik blog/website dapat melihat berapa pengunjung online realtime, traffic berdasarkan rentang waktu, Demographics, Browser, Bahasa, Device, Pages (halaman) yang sering dibuka dan lain sebagainya. secara default Google Analytics belum terhubung dengan Google Adsense meski mendaftar dengan akun yang sama, untuk menghubungkan kita harus melakukannya secara manual. berikut langkah-langkahnya :

Login ke Akun Google Analytics anda

Google Analytics Admin Account

pada bagian sidebar kiri, klik menu Admin, dan pada tab admin, pilih akun analytics yang akan dihubungkan dengan akun adsense anda, jika belum silahkan buat akun baru dengan Create Account.

Google Analytics Adsense Property Connect

pada tab property, klik AdSense Linkinh, kemudian pilih AdSense Property, dan klik Continue. jika property juga belum ada, create dulu dengan Create Property. pastikan tracking code sudah disisipkan ke blog/website anda untuk memastikan Google Analytics merekam semua jejak pengunjung, lihat di Tracking Info.

Google Analytics Adsense Link Configuration

Pada langkah Link Configuration, pilih Analytics View yang akan digunakan, coteng semua yang mau digunakan.

Google Analytics Enable Link Google Adsense

Kemudian klik tombol Enable Link untuk menghubungkan.

Done Connect Google Analytics ke Google Adsense

Terakhir, klik tombol Done untuk selesai konfigurasi.

List Google Adsense Linking

Anda akan melihat daftar Linking Google Adsense, untuk menambah baru bisa klik tombol New AdSense Link, dan bisa klik kode Publisher untuk melihat detail Adsense Linking.

Menghapus Adsense Linking dari Google Analytics

untuk menghapus, langkahnya sama pada bagian sebelumnya untuk melihat Detail Adsense Linking, jika anda klik detail Adsense Linking yang sudah anda buat, maka akan menampilkan interface berikut :

Delete Google Adsense Linking

Perhatikan link delete yang saya lingkari, klik link tersebut untuk memutuskan AdSense Linking dari Google Analytics.

Melihat Laporan Google AdSense dari Google Analytics

Setelah Google Adsense dan Google Analytics terhubung, anda dapat melihat laporan Google Adsense berdasarkan statistik dari Google Analytics seperti pada gambar berikut ini :

Google Analytics Publisher Overview

Pada Sidebar, klik menu Behavior, pad sub menunya pilih menu Publisher, dan Klik Overview, Google Analytics akan menampilkan report penghasilan Google Adsense dengan style google analytics, anda dapat melihat secara langsung nilai CPM dari setiap page, melihat jumlah iklan yang di Klik pada page-page apa saja di Publisher Revenue, dan masih banyak lagi yang tidak terdapat pada report Google AdSense. anda harus menunggu 24 Jam untuk melihat report bekerja. jika baru maka tidak akan menampilkan data apa-apa seperti contoh diatas. selamat mencoba.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming