DirectAdmin, Admin Panel Alternatif CPanel yang Luar Biasa

directadmin Nov 20, 2019

Berbicara masalah admin panel untuk server linux, DirectAdmin semakin populer dan menjadi salah satu alternatif terbaik untuk admin panel terkenal CPanel, karena kenaikan harga CPanel yang cukup signifikan, banyak sysadmin yang mencari alternatif selain CPanel, anda bisa mencari berbagai postingan tentang rekomendari admin panel selain CPanel.

Saya sendiri baru dalam masalah admin panel, karena baru mencoba bisnis hosting pada awal tahun ini saja, dan langsung mencoba panel DirectAdmin, dan hasilnya sangat memuaskan, ada banyak kelebihan dan kemudahan jika kita menggunakan admin panel DirectAdmin, terlebih saat ini para pengembang panel DirectAdmin sedang aktif-aktifnya update panel mereka.

Untuk harga lisensi DirectAdmin, masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, jika digunakan untuk personal, bisa pilih paket Personal untuk satu account dan 10 domain dengan harga 2$ perbulan, jika sudah mulai banyak, bisa upgrade ke paket Lite untuk 10 account dan 50 domain dengan harga 15$ perbulan, jika anda sedang membangun usaha hosting dan ingin unlimited account dan domain, bisa pilih paket Standard dengan harga 29$ perbulan.

harga lisensi directadmin

Saya sarankan jika untuk coba-coba, silahkan trial dulu karena waktunya lumayan panjang, 60 hari, menurut saya cukup untuk coba-coba trial error dulu sebelum membeli lisensinya, oh iya bagi user lama yang membeli paket DirectAdmin Lifetime sebelum 1 September 2019, maka tidak perlu bayar bulanan, hanya perlu bayar biaya awal saja sekitar 299$, namun saat ini sudah tidak ada lagi.

Salah satu fitur yang saya suka adalah kita bisa custom sendiri layout panel untuk brand kita, mulai dari warna sampai dengan logo, ada juga berbagai jenis format layout yang bisa kita pilih jika menggunakan themes Evolutions, seperti Standard, Sidebar, Icon Grid dan Hybrid, saya lebih suka yang Icon Grid, karena mirip dengan CPanel, berikut tampilannya.

admin panel DirectAdmin

Bagaimana? tidak kalah bagus bukan, dan themes ini responsive layout lho, mudah digunakan pada perangkat mobile dan cepat, karena menggunakan vue.js sebagai frontend nya. sekian dulu pembahasan tentang panel DirectAdmin, semoga nanti bisa update informasi dan tips seputar admin panel ini.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming