Install dan Update Nextcloud Client pada MacOS

nextcloud Dec 03, 2019

Nextcloud Client membantu Sistem Operasi kita Sync dan Collaborate dari laptop/desktop ke laptop/desktop lain, lintas platform Sistem Operasi, bisa untuk Windows, MacOS, Linux, Android, iOS, sebelumnya saya membahas cara installasi pada Archlinux di https://cloudborneo.com/install-nextcloud-client-pada-archlinux/. pada dasarnya sama saja, namun di MacOS malah lebih mudah.

Pertama Download Nextcloud Client di situs resminya disini https://nextcloud.com/install/#install-clients pilih Nextcloud client sesuai dengan sistem operasi anda.

Nextcloud Client Download

Drag and Drop file installasi Nextcloud Client ke folder Application di MacOS anda, maka proses installasi selesai, kemudian double klik Nextcloud, anda akan diminta memasukan server nextcloud, dan akan membuka browser untuk Authorized URL, anda tinggal login, dan Grant Access, maka proses sync pun akan berjalan.

Update Nextcloud Client MacOS

Untuk sistem operasi Linux dan Windows, untuk update Nextcloud Client cukup dengan akses menu Settings > General > Updates, berbeda dengan MacOS, jika terdapat Update untuk Nextcloud Client, maka akan muncul popup notifikasi bahwa terdapat update baru pada Nextcloud Client MacOS, dan kita harus melakukan update. karena Nextcloud menggunakan Sparkle frameworks di MacOS, maka ini adalah proses default untuk aplikasi MacOS, berikut Nextcloud Setting jika sudah sukses update Nextcloud Client pada MacOS :

Versi terbaru saat ini adalah 2.6.1 stable build 20191105, jika terdapat notifikasi update lagi, maka kita ulangi langkah sebelumnya, untuk update terbaru dari update ini dapat anda cek pada laman ini.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming