Install Nextcloud Client Pada Archlinux

nextcloud Nov 16, 2019

Nextcloud adalah layanan mirip Dropbox namun memungkinkan kita untuk melakukan self host di server sendiri, atau menggunakan jasa Nextcloud sebagai penyedia resource untuk storage. pada artikel ini saya tidak membahas Nextcloud Server, sesuai judul kita akan membahas tentang Nextcloud Client, Nextcloud client bertugas sebagai aplikasi desktop/mobile untuk singkronisasi file.

Nextcloud Client akan membuat sebuah file log yang berisi file apa saja yang baru kita update dan yang sudah di singkron, sehingga nextcloud client dapat mendeteksi jika terjadi perubahan data/file tertentu dan melakukan proses singkron ke Nextcloud Server, sangat mirip dengan Dropbox atau Google Drive :D.

Tampilan Nextcloud Client

Perbedaan Nextcloud dengan Dropbox adalah nextcloud bersifat opensource, sehingga bebas bagi kita untuk menggunakan, bahkan dengan menginstall Nextcloud Server pada server/vps kita akan mendapatkan fitur yang hapir sama dengan Dropbox, bedanya kita yang memanajemen sendiri mau digunakan untuk apa. untuk installasi sebagai berikut :

#install nextcloud client dengan pacman
sudo pacman -S nextcloud-client

#jika anda menginginkan indikator singkron layaknya dropbox
#dapat install package berikut sesuai dengan file manager favorit anda

#jika integrasi dengan dolphin
sudo pacman -S kio

#jika integrasi dengan Nemo
sudo pacman -S nemo-python

#jika integrasi dengan Nautilus
sudo pacman -S python-nautilus

#jika integrasi dengan Caja
sudo pacman -S python2-caja
install nextcloud client

Berikut hasil integrasi indikator singkron dengan Nautilus

indikator singkron pada Nautilus

Jika sukses akan menampilkan icon contreng berwarna hijau, gagal merah, warning atau ignore berwarna kuning. dengan begini serasa sama dengan layanan singkron lain bukan? :D

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming