Install Package Manager AUR Yay (Yet another Yaourt) Tambahan Untuk Archlinux

yay Nov 16, 2019

Setiap distro linux hadir dengan package manager bawaan masing-masing, misal seperti debian dengan apt, contos dengan yum, archlinux dengan pacman. pacman adalah package manager resmi bawaan archlinux yang bertugas untuk installing, updating, upgrading, removing pada official repository archlinux. seperti yang saya sampaikan pada artikel Archlinux Adalah Distro Linux Rolling Release Pertama Saya, salah satu kelebihan archlinux adalah adanya AUR(Arch User Repository) sehingga memungkinkan kita melakukan installasi pada package unofficial yang belum resmi didukung archlinux.

Awal saya menggunakan AUR, saya menggunakan package manager Yaourt, namun nampaknya package manager ini sudah tidak diupdate lagi, saat artikel ini ditulis, saya lebih nyaman menggunakan Yay (Yet Another Yaourt) sebagai package manager kedua pada archlinux dengan performa yang baik, Yay ditulis degan Go Language besutan Google. cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan yaourt ataupun pacman.

berikut tahap installasinya :

#install git terlebih dahulu, skip jika sudah
sudo pacman -S git

#clone git yay 
git clone https://aur.archlinux.org/yay.git

#masuk ke direktori yay
cd yay

#build script otomatis dengan perintah berikut
makepkg -si
install Yay Package Manager

cara penggunaannya tidak jauh berbeda, coba perhatikan langkah-langkah berikut :

#menggunakan pacman
sudo pacman -S vlc

#menggunakan yaourt
yaourt -S vlc-git

#menggunakan yay
yay -S vlc-git
install vlc

tidak banyak berbeda bukan, namun perlu diperhatikan, meggunakan yaourt atau yay hanya menginstall package dari aur archlinux, jika package yang kita install terdapat pada repository core, extra atau community, maka gunakan pacman. perintah-perintah pacman bisa dilihat pada tulisan lengkap diblog situsali.com.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming