Install Web Server Lampp di Linux

linux Dec 16, 2019

Dewasa ini banyak para milenial belajar pemrograman web menggunakan web server Lampp, baik di Windows, Linux, dan MacOS. Mengapa demikian? untuk menjawabnya cukup simple karena sangat mudah di install sehingga banyak di gunakan oleh masyarakat luas, hanya tingal klik next seterusnya dan selesai. Namun saya sebenarnya lebih senang menggunakan server yang diinstal dari paket terpisah, karena terasa seperti merakit server beneran.

Lampp adalah sebuah paket aplikasi yang di dalamnya berisi webserver (apache), PHP, MySQL, Phpmyadmin, perl, curl, dan program-program lainnya untuk mendukung pengembangan web serta Lampp merupakan paket software web server gratis dan sumber terbuka yang dikembangkan oleh Apache Friends. Lampp sendiri merupakan akronim dari :

  • Linux - sistem operasi
  • Apache HTTP Server - web server
  • MariaDB atau MySQL - sistem basis data
  • PHP atau Perl atau Python - bahasa pemrograman yang dipakai

Bagi anda yang ingin install web server dari paket terpisah (tidak menggunakan Lampp), bisa anda ikuti command dibawah ini

sudo apt install apache2 mysql-server php libapache2-mod-php php-mcrypt php-mysql phpmyadmmin

Cara Download dan Install LAMPP

Pertama-tama anda bisa download softwarenya di website resmi yaitu dengan cara klik link berikut Download LAMPP.

download lampp

Saya sarankan untuk memilih version 7 karena tentunya teknologi yang dibawa lebih baru dan bagus. Setelah selesai download masuklah kedalam foldernya kemudian buka terminal.

membuka terminal dan lihat isi folder download

Kemudian tulisankan perintah sudo su agar anda masuk kedalam mode superuser, setelah itu tuliskan command berikut ini kedalam terminal

./xampp-linux-x64–7.1.22–0-installer.run
menjalankan lampp lewat terminal

Setelah itu maka akan muncul jendela seperti dibawah ini

welcome lampp

Klik next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Lalu anda akan diminta untuk menentukan komponen yang akan diinstal, ceklis semuanya.

ceklis komponennya

Seterusnya klik next saja, seperti halnya anda menginstal aplikasi di windows. LAMPP akan diinstall di direktori /opt/lampp/, setelah itu tunggulah prosesnya hingga selesai.

proses install lampp

Jika sudah selesai maka akan muncul gambar seperti di bawah ini, klik finish untuk mengakhiri proses instalisasi sekaligus membuka Lampp.

selesainya tahap install

Cara Menggunakan LAMPP

Setelah tahap download dan install selesai seperti yang telah di jelaskan di atas, maka selanjutnya adalah bagaimana cara membuka lampp? jika anda senang dalam menggunakan terminal cukup tulis command seperti ini

sudo /opt/lampp/lampp start
membuka lampp lewat terminal

Anda sudah menyalakan lamppnya dan sudah siap untuk di gunakan. Namun bagi anda yang ingin membuka lewat aplikasi pertama-tama langkah yang anda butuhkan adalah tetap membuka lewat terimal kemudian masuk ke dalam folder /opt/lampp/ kemudian tuliskan command di bawah ini

membuka lampp

Setelah itu munculah aplikasi Lampp, lalu masuk ke tab Manage Severs dan nyalakan service Apache web server dengan mengelik tombol start. Anda juga bisa langsung klik start all untuk langsung menyalakan semuanya baik itu web server, mysql dan ftpd.

Berikutnya untuk memastikan Lampp yang telah anda install berjalan lancar, buka browser dan ketikan alamat http://localhost/, maka akan tampil seperti ini.

localhost

Jika tampil seperti gambar tersebut berarti proses install yang anda jalankan berhasil, namun jika tidak seperti itu makan ada yang salah pada proses instalasinya. Jika mengalami kendala anda bisa tuliskan komentar di bawah ini, sebisa mungkin saya akan membatu permasalah anda. Sekian dan terimakasih, sampai ketemu di artikel lainya