Installation Kioptrix Server di VirtualBox

linux Jan 02, 2020

Apa itu Kioptrix Server ?
Kioptrix server is extreamly vulnerable virtual machine image. the object of the game is to acquire root access via any means possible. The purpose of these games are to learn the basic tools and techniques in vulnerability assessment and exploitation. there are more ways then one to successfully complete the challenges. by Kioptrix Author;s

Jadi kesimpulannya kioptrix adalah sebuah image virtual machine dengan os linux sebagai server yang bisa dijalankan divirtual machine yang mana kioptrix server tersebut dirancang memiliki celah keamanan yang dimiliki oleh sebuah server untuk dilakukan penetrasi testing celah keamanan server. Dengan tujuan adalah untuk mendapatkan akses root melalui segala cara yang memungkinkan dan juga untuk mempelajari alat dan teknik dasar dalam penilaian kerentanan dan eksploitasi.

  1. Download terlebih dulu Kioptrix Server di vulnhub

  2. Pada bagian download pilih :

  3. Extrak rar tersebut.

  4. Buka virtualbox.

  5. Create new virtual.

  6. Lalu isi name (bebas), type : linux, version : ubuntu (32 bit). Seperti gambar dibawah ini.
    DeepinScreenshot_select-area_20200102072836

  7. Next, sampai ke bagian Hard disk.

  8. Pilih use an existing virtual hard disk file. Seperti gambar dibawah ini.
    DeepinScreenshot_select-area_20200102073241

  9. Kemudian pilih Kioptrix Server file .vhd yang tadi didownload setelah diextrak.

  10. Lalu Create.

  11. Setting Jaringan virtualbox anda. Pada bagian Setting -> Network. Seperti pada gambar dibawah ini. Untuk jenis network silahkan setting sesuai kebutuhan anda. Pada kasus saya, saya menggunakan Host-only adapter.
    DeepinScreenshot_select-area_20200102074939
    a. Mode NAT memungkinkan komputer utama (host) berbagi jaringan Internet terhadap komputer virtual (guest). Dalam mode NAT komputer guest akan menggunakan IP komputer host untuk terhubung ke Internet.
    b. Mode Bridged Adapter membuat guest dan host terlihat seperti dua komputer berbeda yang terhubung secara fisik ke jaringan yang sama. Komputer guest tidak lagi dianggap virtual melainkan terbaca seperti komputer asli.
    c. Mode Internal Network membuat komputer guest terhubung pada jaringan internal. yang dapat berkomunikasi hanya sesama komputer di lingkungan virtual saja.
    d. Mode Host-only dapat menghubungkan komputer guest dengan komputer host seolah-olah terhubung melalui jaringan. Bedanya dengan mode Bridged adalah Mode Host-only Adapter tidak mengharuskan host terhubung ke jaringan.

  12. Lalu jalankan Kioptrix Server Virtual anda. Maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.
    DeepinScreenshot_plasmashell_20200102074534

Sekian tutorial installation Kioptrix Server di virtual box. Semoga bermanfaat dan jika ada salah kata dalam penulisan mohon maaf dan tolong komentarnya. Terimakasih ^_^. Gokiilll....

Akhmad Syarif

i just want to be myself