Manajemen Ghost CMS 3.0 dengan Process Manager PM2 pada DirectAdmin Centos 7

ghost Nov 27, 2019

Pada artikel sebelumnya tentang installasi Ghost CMS di DirectAdmin dengan Nginx sebagai reverse proxy di sini https://cloudborneo.com/cara-install-ghost-cms-3-0-di-panel-directadmin-pada-centos-7/, proses running Ghost CMS menggunakan perintah berikut dalam directory ghost cms :

npm start --production
npm start production

dengan perintah tersebut, maka Ghost CMS akan running dan bekerja dengan baik, namun proses ini akan di kill jika kita logout dari terminal SSH, bisa diakali dengan menambah operator & untuk running command/perintah di background, sehingga close terminal SSH pun Ghost CMS tetap aktif, yang jadi permasalahan ketika nanti server restart, harus diulang lagi dari awal.

Install Process Manager PM2 dengan NPM

Untuk memudahkan running Ghost CMS, bahkan ketika server selesai reboot, adalah menggunakan Process Manager dari NodeJS, yaitu PM2, sebenarnya jika sistem operasi yang kita gunakan adalah ubuntu, sudah dibuatkan System Service untuk linux ubuntu, sehingga proses stop|start|restart sangat mudah, dan bisa dienable untuk autostart saat reboot. jika menggunakan sistem operasi lain selain ubuntu, maka kita harus buat sendiri System Service atau menyesuaikan sedikit konfigurasinya.

Untungnya di NodeJS ada process manager yang bisa kita install untuk memudahkan manajemen ghost website, yaitu PM2, untuk cara installasinya sangat mudah, hanya menggunakan NPM berikut :

npm install pm2 -g
install pm2

setelah proses installasi selesai, pindah ke directory ghost, kemudian jalankan perintah berikut :

NODE_ENV=production pm2 start index.js --name "Ghost Cloudborneo.com"
node_env pm2 start

Nah setelah menjalankan perintah node_env diatas, kita bisa dengan mudah memanajemen proses dari Ghost CMS, seperti berikut ini :

# start ghost
pm2 start Ghost\ Cloudborneo.com

#stop ghost
pm2 stop Ghost\ Cloudborneo.com

#restart ghost
pm2 restart Ghost\ Cloudborneo.com
manajemen proses ghost

Untuk Check list PM2, jalankan perintah berikut :

pm2 ls
list pm2

berikut output list :

list pm2 output

berikut output restart (jika nama Ghost CMS pada NODE_ENV terdapat spasi, maka tambahkan backslash "\"), seperti berikut ini :

restart pm2 output

dengan bantuan PM2, walaupun sistem operasi anda bukan ubuntu, dalam kasus ini sistem operasi yang saya gunakan adalah centos 7, namun tetap bisa dengan mudah memanajemen process manager dengan PM2.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming