Memahami Cara Setting Limit Send Email pada Panel DirectAdmin

directadmin Nov 21, 2019

Dengan adanya panel untuk server, tugas sysadmin menjadi lebih mudah dan cepat, panel DirectAdmin ini sangat membantu sekali, baik untuk penggunaan pribadi ataupun untuk bisnis, tidak sedikit para hoster kita yang migrasi dari CPanel ke DirectAdmin, meskipun ada juga yang masih bertahan dengan panel CPanel. alasan utama adalah karena harganya yang lebih sesuai kantong dibandingkan dengan CPanel untuk yang memiliki Client yang sudah banyak, karena harga unlimited account CPanel telah ditiadakan.

Salah satu masalah utama dalam dunia server adalah email spam, sehingga diperlukan filter dan limit send email untuk mencegah blacklist dari berbagai spam checker, tentu tidak menyenangkan jika email yang dikirim dari server kita selalu masuk spam di folder penerima, selain reputasi buruk, juga menyebabkan berbagai masalah kedepannya, untungnya pada panel DirectAdmin sudah ada fitur Build in untuk limit email.

Setting Limit Default Send Email DirectAdmin

Langkah pertama, pada menu navigasi, cari Server Manager > Administrator Settings, seperti berikut ini.

Server Manager DirectAdmin

Lalu klik tab E-mail Settings pada Admin Settings, berikut ini.

Admin Setting DirectAdmin

Ada 4 Opsi yang bisa kita rubah sesuai dengan keinginan, seperti berikut ini :  

  1. Daily E-mail limit per DirectAdmin User, opsi ini adalah jumlah limit default kirim email harian per akun DirectAdmin user, jika user tersebut memiliki lebih dari satu akun email, maka limit akan diakumulasikan sesuai dengan jumlah email yang dikirim oleh semua akun email user tersebut.
  2. Daily limit per E-mail Account, opsi ini adalah jumlah limit default kirim email harian per akun email user, jumlah limit opsi ini tidak boleh lebih besar dari Daily E-mail limit per DirectAdmin User.
  3. User can set limit per E-mail, checklist opsi ini jika memperbolehkan user melakukan limit tersendiri pada akun emailnya. opsi ini diperlukan jika ada user dengan limit tidak standar/khusus dengan limit lebih banyak dari user lainnya.
  4. Max limit User can set per E-mail, opsi ini muncul jika opsi User can set limit per E-mail diaktifkan, isi angka user boleh melakukan perubahan limit maksimal.

Selalu hindari setting limit dengan unlimited send email, karena akan sangat riskan jika user kita melakukan spamming, baik sengaja atau karena virus, maka akan menyebabkan ip address server kita terblacklist dan dianggap sebagai email spam.

Setting Limit berbeda untuk Spesial User DirectAdmin

Dalam sebuah server, terkadang diperlukan limit berbeda tiap user, baik karena kebutuhan tertentu atau karena paket hosting yang berbeda, sehingga diperlukan limit yang berbeda pula, untuk setting limit berbeda, pilih user di Account Manager > Show All Users.

Show All User DirectAdmin

Kemudian pada list all user, klik username user

List All User DirectAdmin

kemudian pada detail user account, klik tab Usage Statistics, dan klik icon pensil untuk edit limit khusus untuk user tersebut.

Usage Statistics User DirectAdmin

Saat ini anda sudah berhasil merubah limit khusus untuk user tersebut, namun send email peruser pada account tersebut masih terisi secara default, tinggal anda instruksikan pada user untuk merubah sendiri limit sesuai dengan jumlah maksimum isian sebelumnya di Max limit User can set per E-mail.

Setting Limit Kirim Email per Akun Email User

Login sebagai user yang akan kita rubah limitnya, atau instruksikan user untuk login dan merubah sendiri settingan limit email per akun emailnya. pada navigasi E-mail Manager -> E-mail Accounts.

E-mail Account DirectAdmin

pada detail E-mail Accounts, klik icon + pada table list, dan pilih change Limit.

Change Limit Email DirectAdmin

kemudian isikan limit baru pada Send Limit. namun user tidak dapat mengisi limit lebih dari limit yang kita tentukan di opsi Max limit User can set per E-mail sebelumnya. setelah diisikan klik tombol save.

dengan memahami setting limit send email pada DirectAdmin akan memudahkan kita dalam mengatur paket dan harga hosting sesuai dengan limit-limit yang telah kita tentukan tadi.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming