Membuat Aplikasi Android Sistem Informasi DesaKu - Part 2

android Dec 11, 2019

Aplikasi Android Sistem Informasi Desaku ini merupakan tutorial Part 2, jadi jika anda belum mengikuti Part 1 diharapkan anda untuk mengikuti tutorial Part 1 terlebih dahulu untuk memudahkan anda dalam memahami tutorial Part 2 ini.

Pada Part 1 kita telah melakukan instalasi Nodejs , NPM , Java JDK, Android Studio dan Android SDK. Pada Part 2 ini kita akan melanjutkan proses Persiapan Development yaitu menginstal framework yang menjadi inti dalam pembuatan aplikasi andorid Sistem Informasi Desaku ini adalah React Native.

React Native merupakan suatu cross-platform framework yang dibuat oleh tim Facebook untuk membuat mobile app (android & ios) dengan menggunakan JavaScript.Cross-platform itu mobile apps yang dibuat dengan bahasa pemograman yang tidak spesifik untuk platform tersebut, contohnya bahasa pemograman JavaScript.

Pada akhir tutorial Part 1 kita selesai menginstal Android Studio dan Android SDK , maka kita akan melanjutkan pengaturan tambahan script ke dalam file ~/.bashrc. Langsung ikut langkah - langkah berikut dengan teliti.

  • Masuk ke file ~/.bashrc
nano ~/.bashrc
Masuk Ke File ~/.bashrc
bashrc
Masuk Ke File ~/.bashrc
  • Setalah Masuk Scroll ke arah paling bawah dan tambahkan script berikut.
export ANDROID_HOME=$HOME/Android/Sdk
export PATH=$PATH:$ANDROID_HOME/tools
export PATH=$PATH:$ANDROID_HOME/tools/bin
export PATH=$PATH:$ANDROID_HOME/platform-tools
export PATH=$PATH:~/npm
Tambahkan Script Di Bagian Paling Bawah
tambahkanscript
  • Kemudian Tekan Ctrl+x untuk keluar dan tekan y untuk menyimpan setelah itu tekan Enter.
y
Tekan Tombol Y untuk menyimpan
  • Setelah tersimpan sekarang kita reload file .bashrc nya
source ~/.bashrc
Reload File .bashrc
reloadbash
Reload File .bashrc

Setelah melakukan pengaturan dan penambahan script ke file ~/.bashrc , saat kita akan menginstall Framework yang jadi pokok bahasa kita kedepannya dapat pembuatan Aplikasi Android Sistem Informasi DesaKu.

  • Install React Native

Kita akan menginstall React Native Cli secara global.

sudo npm install -g react-native-cli
Install React Native Cli
installreactnative
Install React Native Cli
  • Saat ini react native telah dapat langsung digunakan tanpa harus menginstal React Native Cli yaitu cukup NPX(Node Package Runner) saja. Namum untuk anda yang masih tahap awal belajar diharap menggunakan React Native Cli terlebih dahulu. Ini langkah - Langkah untuk menginstall NPX.
  • Install NPX(Node Package Runner). NPX(Node Package Runner) berfungsi untuk mengeksekusi package Nodejs.
sudo npm install -g npx
install npx
npx
install npx

Setelah selesai menginstall React Native Cli atau NPX jika anda menggunakan NPX. Anda harus pilih salah satu mau menggunakan React Native Cli atau NPX , karena kedua terinstal di komputer atau laptop anda kemungkian akan terjadi Error secara tiba - tiba.

Selanjutkan mencoba hasil penginstalan kita React Native Cli atau NPX dengan membuat sebuah project nanti kedepan kita hanya membuat baru saja ketika ingin membuat aplikasi Androidnya. Berikut Langkah - Langkah diharapkan anda bisa menyesuaikan dan memahami  metode membuat project yang anda inginkan berikut ini.

  • Buat Project Dengan React Native Cli
react-native init namafolderproject
React Native Cli
  • Buat Project Dengan NPX
npx react-native init namafolderproject
buat project dengan npx dan tanpa install react native cli

namafolderproject merupakan folder yang difungsikan untuk menyimpan file - file project react native yang kita download, karena ketika anda menjalankan perintah ini react-native init namafolderproject secara otomatis akan mendownload file - file project react native yang dibutuhkan dan pastikan komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet.

Selanjutnya kita akan membuat project untuk Aplikasi Android Sistem Informasi DesaKu dan kita akan menggunakan metode buat project dengan React Native Cli kemudian untuk Nama Folder Project, kita beri nama DesaKu.

react-native init DesaKu
Metode React Native Cli
desaku
Metode React Native Cli

Setelah kita jalankan perintah react-native init DesaKu akan terjadi proses Download Package , maka pastikan komputer atau laptop anda terkoneksi dengan internet dan silakan tunggu proses download hingga selesai.

desakuproses
Proses Download Package

Setalah proses Download selesai, maka kita akan masuk ke folder DesaKu. Untuk masuk ke folder menggunakn terminal linux, kita menggunakan Syntax cd /namafolder kebutuhan nama folder project kita DesaKu maka ikuti perintah berikut ini.

cd /DesaKu
Masuk ke Folder DesaKu
desaku
Masuk ke Folder DesaKu

Demikian untuk Tutorial Part 2 ini akan kita lanjutkan di Tutorial Part 3.

Wandi Pratama

Saya seorang Developer Mobile menggunakan Framework React Native dan saya juga memiliki pengalaman dibidang SYS Admin