Review Lengkap Layanan Backblaze Cloud Storage Termurah dan Handal

backblaze Nov 18, 2019

Backblaze.com merupakan solusi untuk layanan penyimpanan berbasis cloud yang murah dan handal. hingga artikel ini dibuat, backblaze telah menyimpan 600 PetaByte atau setara 600.000 TeraByte atau 600.000.000 GigaByte. angka yang tidak kecil bukan, banyak orang mempercayakan data mereka di host ke layanan cloud storage backblaze.

Backblaze.com dikenal dengan solusi backup unlimitednya, pertama saya mengenal backblaze adalah saat mencari layanan backup yang unlimited dengan harga yang murah, berikut tiga layanan yang disediakan backblaze.com :

layanan backblaze storage

1. Backblaze Personal Backup

sesuai dengan namanya, Personal Cloud backup lebih ditujukan kepada pengguna personal, anda dapat melakukan full backup full hardisk anda berapapun kapasitasnya dan hanya dikenakan biaya 5$/bulan, tidak ada biaya untuk download bandwith, API call dan lain sebagainya. namun personal backup hanya untuk pengguna Mac atau Windows, karena sudah disediakan aplikasi berbasis GUI Backblaze Control Panel. kelebihan lainnya yang luar biasa :

  • Restore Multiple Version selama 30 Hari, artinya jika anda melakukan modifikasi sebuah file, dan ingin mengembalikan ke versi sebelumnya. ini bisa selama 30 hari terakhir.
  • Backup Otomatis / Schedule Sesuai Jadwal.
  • Melacak Komputer yang Hilang/Dicuri. cek disini.
  • Notifikasi Status Backup Anda.
  • Auto threading & throttling untuk mengatur batas download/upload.
  • Backup Fisik dengan Order Flashdisk, lalu kirim kembali untuk mendapatkan uang kembali
  • Memungkinkan File Sharing dengan Backblaze B2 Cloud Storage. biaya sesuai dengan biaya Backblaze B2

2. Backblaze Business Backup

Backblaze Business Cloud Backup lebih ditujukan untuk penggunaan bisnis, mendukung semua fitur yang ada pada personal cloud backup, dengan biaya pertahun sebesar 50$/tahun/pengguna. selain mempunyai kelebihan yang ada pada backblaze personal backup, kelebihan lainnya adalah :

  • Continuous dan Complete Backup, Mac atau Windows, Laptop atau Desktop. Tidak ada Batas Caps, Batas Bandwidth dan lainnya.
  • Unlimited Data Backup, Automatic backup via native client. semua data user, termasuk desktop files dibackup secara default.
  • Free Hard Drive Restore, Backblaze akan mengirimkan harddrive berisi data anda kepada anda dimanapun diseluruh dunia. kirim kembali harddrive untuk mendapatkan uang refund.
  • Protection from Ransomware, 30 hari rollback pada setiap komputer ntuk memastikan perusahaan bebas dan terlindungi dari ransomware.
  • Centralized Administration, administrasi terpusat dan ¬†web interface yang mudah untuk memanajemen semua komputer anda.
  • Single Sign-On G Suite, SSO via G Suite (Google) tersedia untuk semua Groups.

3. Backblaze B2 Cloud Storage

Backblaze B2 merupakan angin segar untuk pengguna linux, karena support untuk penggua linux, karena disediakan API berupa command line dengan nama B2 API. dibandingan dengan object storage lain, backblaze Cloud Object Storage merupakan object storage yang termurah dalam beberapa kasus. saya pernah membahas mengenai Tips Memilih Penyedia Layanan Cloud Object Storage yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda. ada berbagai object storage dan termasuk Backblaze B2.

Karena Backblaze B2 bersifat Object Storage, jadi penggunaannya mirip dengan object storage dari AWS S3, atau GCS, Digital Ocean Space, Wasabi Hot Cloud Storage dan lain sebagainya. saya juga menggunakan backblaze sebagai primary storage pada Nextcloud Server yang saya install di VPS dengan wrapper Minio S3, bisa anda baca pada artikel Install Minio Server sebagai Gateway Object Storage Backblaze B2 API untuk Mapping ke AWS-S3 API. backblaze B2 akan sangat murah jika penggunaan kita tidak banyak, kita hanya membayar sesuai dengan resource yang kita pakai. berikut beberapa tampilan halaman admin Backblaze B2 :

Tampilan Bucket pada Backblaze B2:

file manager backblaze storage bucket

Tampilan Report pada Backblaze B2

backblaze laporan penggunaan storage dan api

Tampilan Caps dan Alert untuk mencegah over price harian

caps dan alert backblaze

Selama setahun menggunakan backblaze tidak pernah mengecewakan, walaupun datacenternya jauh di USA sana, server VPS yang di Indonesia masih bisa transfer ratusan MegaByte/detik. karena saya menggunakan nextcloud sebagai private cloud storage, sehingga saya menggunakan minio sebagai gateway, namun karena alasan internal minio menghilangkan dukungan terhadap backblaze. sehingga saya mulai mencari object storage yang compatible dengan AWS-S3, pilihan terbaik saat ini untuk saya adalah Wasabi Hot Cloud Storage.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming