Upload File Ads.txt dan Robots.txt pada Ghost CMS 3.0

ghost Nov 27, 2019

Ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers, Ads.txt adalah inisiatif IAB yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah di identifikasi. Membuat file ads.txt sendiri memberi kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.

Robots.txt adalah sebuah file txt yang berisi aturan ketentuan untuk mencegah atau mengizinkan mesin pencari melakukan crawling situs kita, dengan menentukan file atau directory apa yang boleh dan tidak boleh di crawling akan memberikan kontrol lebih terhadap website kita, sehingga tidak perlu khawatir jika sebuah directory tertentu tidak ingin di index. misal halaman login admin, atau directory lainnya.

Upload pada Directory Public Ghost 3.0

Tidak seperti webserver dengan apache, saat installasi Ghost CMS 3.0 menggunakan nginx sebagai reverse proxy karena Ghost CMS menggunakan nodejs. sehingga untuk upload file yang dapat diakses langsung dari root adalah directory public.

untuk dapat akses file ads.txt dan robots.txt pada root directory website seperti berikut ini :

https://cloudborneo.com/ads.txt
https://cloudborneo.com/robots.txt

kita harus meletakkan file ads.txt dan robot.txt pada public directory Ghost CMS, jika tidak maka akan error 404 seperti berikut :

error 404 ghost cms

Untuk directory public yang bisa diakses oleh Ghost CMS saat ini yang saya tahu ada dua tempat, yaitu :

  1. [ghost-root]/core/server/public/
  2. [ghost-root]/content/themes/[theme-folder]/

namun ada beberapa perbedaan, sebelumnya saya browsing untuk mencari public folder, misal saya ingin upload file image atau file txt yang dapat diakses di :

https://cloudborneo.com/naja.jpg
https://cloudborneo.com/naja.txt

maka file tersebut diupload pada folder public nomor 2 diatas, seperti berikut :

[ghost-root]/content/themes/[theme-folder]/naja.jpg
[ghost-root]/content/themes/[theme-folder]/naja.txt

Namun ketika saya mencoba upload robots.txt dan ads.txt, pada folder themes tersebut, tetap error 404, setelah saya upload pada public folder nomor 1 diatas, seperti berikut :

[ghost-root]/core/server/public/ads.txt
[ghost-root]/core/server/public/robots.txt

Setelah diletakkan pada folder tersebut, akhirnya bisa diakses url berikut, seperti ketentuan google adsense dan analytics.

https://cloudborneo.com/ads.txt
https://cloudborneo.com/robots.txt

Hal ini masih membuat saya bingung, padahal sama-sama bisa diakses public, namun untuk nama file-file tertentu harus diletakkan pada public core Ghost CMS, demikian semoga berhasil :D.

M. Najamudin Ridha

Penikmat coffe cappucino ice, apalagi tanpa gula. Menyukai teknologi open source, terutama yang berbasis web dan mobile, senang mencoba hal - hal seperti linux, sysadmin, database dan programming